WELCOME TO MY BLOG

HERI PURWANTO

Saturday 29 March 2008

MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM

Teknik industri merupakan pencabangan keilmuan teknik yang berasal dari Amerika Utara. Itulah sebabnya di negara-negara eropa atau persemakmuran (commonwealth) kita tidak akan menemukan teknik industri, tetapi lebih spesifik lagi menjadi teknik manufaktur (manufacturing engineering) atau teknik manajemen (engineering management). Secara historis, teknik industri merupakan pencabangan dari keilmuan teknik mesin yang pada awalnya berfokus kepada bagaimana mengelola tidak hanya mesin-mesin manufaktur tetapi secara lebih makro: sebuah sistem manufaktur sebagai sebuah sistem terintegrasi. Mengingat pada saat itu memang dibutuhkan seorang ahli yang tidak hanya mengerti konsep dasar permesinan tetapi juga sanggup mengelola aliran produsi, penjadwalan, biaya dan lain sebagainya yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah sistem manufaktur.
Seiring dengan perkembangan zaman, teknik industri mengalami perluasan definisi dan job teritorial sebagai berikut :

Industrial Engineering concerned with the design, improvement and installation of integrated systems of people, materials, equipment and energy …

… It draws upon specialized knowledge and skill in the mathematical, physical and social sciences together with the principles and methods of engineering ..

.. to specify, predict and evaluate the results to be obtained from such a system

Di Universitas Indonesia, Fakultas Teknik industri manjadikan “Management Information System” sebagai salah satu mata kuliah andalan sebagai penjabaran dari definisi “Teknik industri” diatas. Mata kuliah yang diampu oleh Bp. M. Dachyar (latar belakang pendidikan, Ir, UI, MSc, VU Brussel, Belgia) tersebut menampilkan diskripsi tentang Sistem Informasi, Knowledge Management, EDI, E-Commerce, dan sistem data base (Microsoft Access) yang sedang booming pengaplikasiannya. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat memahami peran sistem informasi manajemen dan teknologi informasi pada industri saat ini untuk menghadapi era globalisasi.

Sumber :
1. McLeod, Management Information System, 10th edition, Prentice Hall, 2003
2. Lucas, Information Systems Cocepts for Management, McGrawHill, 1994 (referensi)
3. Asosiasi profesi teknik industri dunia Institute of Industrial Engineering (IIE)

4 comments:

Mr. Dicky Martono said...

Nice.....

but......

R. Valniztan said...

Bagus, menambah wawasanku mengeni MIS

Good Job....

Unknown said...

yaw.yaw..i things this great...yo weiiss

Agung Prehadi said...

Nice review bro. But be careful !?... And you should add more detail about the assignments.