WELCOME TO MY BLOG

HERI PURWANTO

Monday 12 May 2008

BAR CODE

Bar code berisi satu rangkaian angka-angka unik yang dapat diidentifikasi dengan komputer untuk melihat informasi tambahan tentang sesuatu setelah di scan. Informasi tersebut tidak berada didalam bar code, tapi data dibaca dari bar code kemudian dikirim ke komputer untuk melihat informasi tentang produk yang diberi label bar code tersebut.
Bar code berbentuk rangkaian garis hitam dengan lebar yang bervariasi dan space warna putih yang juga memiliki lebar yang bervariasi. Terdapat 300 type yang berbeda hanya dengan mem-variasi space dan lebarnya. Dengan menggunakan space dan variasi lebar antara garis hitam dan putih, scanner dapat membaca pesan numerical dan alphabetic, dan menghubungkannya ke produk. Cahaya lampu dari alat scanner mengambil gambar dari bar code kemudian membaca lebar relative dari garis dan space, dan memberikan tiap kode sebagai pengidentifikasi yang unik.




Penggunaan bar code sangat beragam, karena dapat digunakan untuk sejumlah barang dan jasa yang berbeda, seperti majalah, makanan, dan kartu absensi. Hal itu dipakai dalam industri sebagai alat identifikasi yang mampu mempercepat proses, karena operator tidak perlu membaca attribut dari setiap item, tetapi cukup dimasukkan dalam program komputer dan kemudian begitu item di scan, langsung keluar data yang di request.
Keunggulan Bar code :

  1. Kecepatan
  2. Effisiensi
  3. Akurasi
  4. Akses ke informasi
  5. Informasi lengkap
  6. Mencakup semua kemampuan logistik

No comments: