WELCOME TO MY BLOG

HERI PURWANTO

Monday 12 May 2008

KNOWLEDGE MANAGEMENT


Sistem informasi organisasi seperti sistem pengontrolan dimodelkan pada pola fikir yang sama untuk memudahkan konvergensi dengan memastikan keterkaitan organisasi kedalam sistem informasi formal dan informal. Era baru dari perubahan yang berkelanjutan dan dinamis memerlukan penilaian secara terus menerus, untuk memastikan proses pengambilan keputusan pada organisasi. Untuk merubah lingkungan usaha, memerlukan pengkonsepsian dari sistem knowledge management.

Pemrosesan informasi dari knowledge management telah merata pada sistem informasi praktis pada beberapa dekade terakhir. Dimulai pada era dimana lingkungan usaha mulai merangkak dan berkembang, produk dan jasa memiliki lingkaran hidup yang berlipat, batasan organisasi dan industri lebih jelas dan terlihat pada masa depan.

Evolusi dari pola fikir proses informasi melaului beberapa tahapan :
  1. Otomasi; meningkatkan efisiensi dari operasi,
  2. Rasionalisasi prosedur; pemerataan prosedur dan penghilangan hambatan oleh otomatisasi untuk mendapatkan efisiensi dari operasi
  3. Re-engineering; perancangan ulang secara drastis dari proses bisnis yang tergantung pada teknologi informasi



Manfaat Knowledge Management :

  1. Teknologi knowledge management bisa mengirimkan informasi secara benar kepada yang tepat
  2. Teknologi knowledge management bisa mengembalikan intelegensi dan pengalaman manusia
  3. Teknologi knowledge management bisa mendistribusikan intelegensi manusia

No comments: